batu alam untuk semua!!
Keindahan yang terletak pada sebuah baungunan yang bisa kita tangkap melalui daya imaji artistik dapat menjadi kian berwarna dengan batu alam terletak pada salah satu sisi bagiannya...
Posted on 6:28 AM

Ornament dan Relief Batu Alam

Filed Under () By jejenjaya at 6:28 AM

Di dunia batu alam Indonesia, biasanya untuk membuat ornament dan relief batu alam mempergunakan batu candi dan batu paras. Namun yang sering dipakai adalah batu paras dikarenakan warnanya yang terang, putih ke-kuningan, membuat visualisasi ukiran menjadi lebih tampak serta batunya lebih empuk saat di pahat dari pada menggunakan batu candi yang berwarna gelap dan bahannya lebih keras.

Pengertian Ornament adalah ukiran gambar-gambar tertentu pada permukaan batu sesuai ukuran. Ukuran-ukuran pada ornament diantaranya 10 x 10, 15 x 15, 20 x 20, 30 x 30 dan 40 x 40 (semuanya dalam centimeter) atau bisa juga memesan ukuran lain diluar ukuran baku misalnya 25 x 25 dan seterusnya. Gambar atau motif pada ornament biasanya berbentuk bunga-bungaan.

Sedangkan pengertian Relief adalah ukiran pada permukaan batu dengan ukuran bebas dan biasanya berukuran besar, misalnya 50cm x 120cm, 1m x 3m, hingga ukuran lebih besar sekalipun, sesuai pesanan. Biasanya ukuran Relief tersebut tidak dibuat dari satu lempeng batu melainkan beberapa bagian yang kemudian pada proses pemasangannya, bagian-bagian yang terpisah itu lalu ditempelkan di dinding dan disambungkan menjadi satu gambar utuh sambil menambalnya pada pertemuan tiap bagiannya hingga rapi. Misalnya saja Relief ukuran 1m x 3m biasanya dibuat dari 12 lembar lempengan batu ukuran 50cm x 50cm. Hal ini dimaksudkan agar pada saat pemasangannya menjadi lebih ringan. Namun demikian, sebenarnya bisa saja memesan Relief ukuran besar, misalnya ukuran 1m x 2m dari satu lempeng batu, namun tentunya dalam hal ini harga pun menjadi semakin mahal.

Secara sederhana bentuk dan hasil ukiran pada Relief terbagi 2, yaitu Relief 2 dimensi dan Relief 3 dimensi. Relief dengan ukiran 2 dimensi ini pengerjaannya tidak terlalu rumit dan detail, hasil ukirannya hanya tampak dari arah depan. Beberapa jenis tanaman, seperti bambu, pohon pisang, ilalang dan bunga-bungaan, biasa dipakai sebagai tema Relief ini.

Sedangkan ukiran Relief 3 dimensi lebih rumit dan detail, dikarenakan bentuk visualisasi dari hasil ukirannya harus juga bisa dinikmati dari samping kiri dan kanan selain tentunya dari arah depan bidang Relief. Sebagai contoh, Relief 3 dimensi yang mengambil tema Ramayana, penggambaran tokohnya akan tampak hidup, struktur tubuhnya, seperti tangan yang mengacung, atau tubuh kuda yang diukir laksana menempel hingga penggambaran tetumbuhan seperti dahan dan rantingnya yang di ukir sedetail mungkin.

Ornamenent dan Relief batu alam ada pula yang berbentuk bolong dan tembus hingga pemandangan di belakangnya tampak, jenis ini disebut Ornament Loster dan Relief Loster. Biasanya bentuk loster ini dipasang pada bidang pagar atau sebagai pengganti partisi.


0 comments